Senin, 23 Juni 2008

Pentagon Kembangkan Antena 'Tak Tampak'




Virginia - Militer Amerika Serikat, yang bermarkas di Pentagon, Virginia, sedang mengembangkan antena dengan bahan bernama metamaterial. Antena 'tak tampak' ini diyakini akan banyak berpengaruh pada produk elektronik masa depan.

Antena dengan bahan metamaterial disebut sebagai antena 'tak tampak' karena memiliki struktur bahan yang tidak mengganggu gelombang yang digunakan. Akibatnya, antena tidak perlu 'mencuat' dari perangkat dan bisa memiliki kemampuan transmisi sinyal yang jauh lebih baik dari yang ada saat ini.

Penerapan awal teknologi ini akan dilakukan di pesawat tempur atau kendaraan perang lainnya. Namun, seperti dikutip detikINET dari Wired, Senin (23/6/2008), penerapannya secara komersial diyakini akan segera menyusul.

Dengan teknologi ini, misalnya, ponsel bisa bekerja dengan sinyal yang lebih lemah dan membutuhkan tenaga yang lebih sedikit. Bahkan, jika semua antena menggunakan teknologi ini, pemandangan di kota-kota besar pun akan semakin bersih dari berbagai perangkat yang menjulang.

Angkatan Udara Amerika Serikat saat ini sedang membuka 'dompet' untuk proyek yang memanfaatkan metamaterial tersebut. Termasuk untuk diterapkan pada teknologi optik sehingga bisa memperbaiki kinerja teleskop dan juga menambah kapasitas pada media cakram digital.

Sumber: Wicaksono Hidayat - detikinet

Tidak ada komentar: